Ketika seseorang melihat latar belakang bisnisnya, jelas bahwa Gunawan Jusuf memahami lebih baik daripada kebanyakan pemimpin lainnya betapa berharganya dan berharga semua sumber daya alam, walaupun sumber daya alam yang paling berharga adalah air. Bukan hanya air yang penting bagi kehidupan manusia dimanapun, tapi ini adalah komponen penting dari keseluruhan model bisnisnya. Itu adalah insentifnya di balik terbitan Gunawan Jusuf tentang sebuah buku berjudul “Blue Gold,” yang membahas dengan sangat rinci kelangkaan relatif dan nilai air yang tinggi sebagai komoditas terpenting dan berharga kami.

Sebagai Chief Executive Officer (CEO) Perusahaan Grup Gula, Gunawan Jusuf telah membantu menciptakan pertumbuhan produk yang sangat besar seperti Gulaku, produk gula halus premium yang telah berkembang menjadi nama rumah tangga di seluruh Indonesia. Itu hanya salah satu produknya. Perusahaan Sugar Group sebenarnya sebenarnya bukan perusahaan tunggal, melainkan kumpulan perusahaan yang berbasis di Indonesia yang tumbuh dan menyempurnakan gula dengan tujuan menciptakan banyak produk gula.

Sebagai CEO, Gunawan Jusuf mengawasi sejumlah besar perkebunan dan kilang di seluruh Indonesia, serta selusin kantor Sugar Group Companies. Intinya, Sugar Group Companies sebenarnya adalah kumpulan bisnis yang beroperasi baik secara independen, maupun sebagai bagian dari kelompok yang lebih besar untuk mencapai tujuan keseluruhan perusahaan. Ini adalah kemampuannya untuk memastikan bahwa setiap karyawan, anak perusahaan dan berbagai kantor dan pabrik bekerja sama sehingga dapat menunjukkan prestasi terbesar Gunawan Jusuf sebagai pemimpin Perusahaan Gula.